Out of Home Advertsing

Pengertian Out of Home Advertising, Manfaat dan Contohnya

Sering melihat papan iklan yang terpampang di jalan raya maupun jalan tol? Taukah kamu bahan papan iklan tersebut bagian dari Out of Home Advertising? Meskipun sekarang perusahaan lebih banyak mengalokasikan kebutuhan iklan lewat online advertising, tapi Out of Home Advertising juga masih memiliki pengaruh bagus untuk meningkatkan penjualan produk ataupun meluaskan target pasar.

Teknik OOH untuk bisa menarik perhatian dari target pasar tentu kamu harus membuatnya semenarik mungkin dan kalau bisa mengikuti hal-hal yang viral sehingga akan mudah untuk mereka mengingatnya. Namun jika kamu belum paham betul pengaruh Out of Home (OOH) Advertising bagi penjualan, mari simak ulasan berikut ini.

Mengenal Out of Home Advertising

Out of Home Advertising merupakan metode periklanan dengan target orang-orang yang sedang berada di luar rumah. Biasanya iklan tersebut berwujud billboard, kemudian fasilitas public, baliho, dan sebagainya.

Nah sebuah brand besar tentu meskipun sudah ada online advertising tentunya mereka juga butuh OOH untuk membesarkan nama produk mereka sehingga semakin banyak orang yang kenal. Meskipun mahal dan kurang terlihat dampak positifnya bagi penjualan Out of Home (OOH) Advertising masih saja banyak kita temukan di berbagai lokasi. Baik itu dekat pusat perbelanjaan, tikungan, jalan tol, dan sebagainya. Kenapa bisa seperti itu? Begini ulasannya

Fungsi dari OOH Advertising

Sebelum kita berlanjut dan membahas contoh dari Out of Home Advertising, kita bahas dulu manfaat dari metode iklan ini. Sehingga kita akan tau seberapa berpengaruhnya iklan ini dalam membesarkan produk atau brand kita.

  • Brand Awareness

Adanya OOH sebenarnya bisa meningkatkan brand awareness loh, maksudnya adalah kamu bisa menjangkau mereka yang tidak terjangkau lewat online advertising termasuk media sosial. Apalagi jika kamu ingin mengenalkan produk atau brand baru maupun layanan baru.

Kamu bisa menempatkan billboard di lokasi-lokasi yang memang mempunyai impression tinggi. Meskipun tentunya lokasi tersebut tidaklah murah, tapi kamu pada akhirnya bisa menjangkau target yang lebih luas.

  • Target Pasar Menjadi Lebih Luas

Dengan memasang Out of Home Advertising tentunya kamu secara tidak langsung memaksa orang untuk selalu melihat iklan kamu. Sehingga kamu bisa menjangkau target pasar yang lebih besar dan luas.

Karena jika kita berbicara iklan media sosial, tentunya akan lebih sering kita lewati. Dan berujung jarang terlihat orang yang tidak mencarinya. Adanya OOH tentu akan membuat orang aware akan produk tersebut di sekitar mereka, entah itu dimana belinya, bagaimana proses pengirimannya dan sebagainya.

  • Sebagai Pembawa Pesan yang Efektif

Dengan kita memasang iklan atau Out of Home Advertising kita bisa menyampaikan pesan langsung lewat kata-kata, gambar, dan sebagainya. Kamu bisa membuat kata-kata simpel dimulai dari permasalahan lalu solusinya. Tentu hal ini akan efektif dalam menyampaikan maksud dari iklan tersebut. Apalagi jika kamu bisa membuat iklan yang bisa menimbulkan interaksi atau respon dari si pembaca tentu akan berdampak sangat baik bagi pemasaran produk tersebut.

Dari manfaat-manfaat OOH di atas tentu kamu sudah bisa membayangkan pengaruh dari memasang iklan di pinggir jalan, jalan tol dan sebagainya. Produk kamu akan lebih mudah diingat karena bisa jadi kamu terlalu sering melihatnya dan akhirnya kamu kepoin produknya.

Contoh dari Out of Home Advertising

Out of Home Advertising sudah pasti berada di public display, dimana orang akan mudah menemukan dan melihatnya. Nah berikut ini beberapa contoh penggunaan OOH untuk mengiklankan sebuah produk atau brand.

  • Billboard

Billboard merupakan salah satu contoh OOH yang sering kamu temui di jalan raya kota-kota besar. Biasanya harga pemasangan billboard juga bermacam-macam, karena semakin ramai dan macet lokasi tersebut maka harganya juga bisa melambung tinggi. Dengan billboard kamu bisa memasarkan sebuah brand, produk, perusahaan, maupun kampanye.

  • Iklan di Sarana Publik

Saat kamu sedang menunggu bus di halte tentu kamu bisa memperhatikan sekeliling kamu yang penuh dengan iklan. Tujuannya pun sama yaitu pengenalan produk atau brand. Nah harapannya Ketika pasang iklan di sarana public orang akan bisa memperhatikan dengan lebih saksama sehingga akan lebih memberikan dampak bagi penjualan produk.

  • Point of Sale Display

Point of sale display bisa kamu temukan di dekat kasir swalayan. Seperti barang apa yang sedang diskon, produk baru dan sebagainya. Nah tentunya orang yang hendak membayar barang belanjaan akan melihat-lihat dan mempertimbangkan apakah mereka perlu membelinya atau tidak.

  • Kendaraan Umum

Kendaraan umum juga sering dijadikan Out of Home Advertising. Misalnya di taksi, mobile online, bis, MRT, KRL dan lain sebagainya. Karena tempat tersebut banyak orang-orang baru dan tentunya sambal menunggu sampai di tujuan mereka pasti sesekali membaca dan melihat iklan yang ada di sekelilingnya.

So tunggu apalagi, kalau kamu punya produk atau brand baru buruan buatin Out of Home Advertsing untuk membuat orang semakin kenal produkmu dan memperluas target pasar kamu, Kamu bisa cari lokasi yang sesuai budget dan buat desain semenarik mungkin untuk membuat orang semakin tertarik untuk kepoin produk kamu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *