Tanya Dokter Kehamilan dan Tips Menjaga Kesehatan Ibu Hamil

Perlu Anda ketahui, bahwa tanya dokter kehamilan juga menjadi salah satu cara menjaga kesehatan ibu hamil dan janin. Dengan berkonsultasi dokter tahu kondisi kesehatan tubuh dan janin di dalam kandungan. Selain itu, ibu hamil juga menjadi tahu berbagai informasi seputar tips kesehatan di masa kehamilan.

Konsultasi atau tanya jawab seputar kehamilan juga sudah bisa dilakukan secara online. Dengan begitu, pertanyaan-pertanyaan seputar kesehatan di masa kehamilan bisa dilakukan kapan saja dan dimana saja.

Pentingnya Konsultasi Kehamilan

Konsultasi atau tanya jawab seputar masalah kehamilan memiliki banyak manfaat sekali. Terutama konsultasi langsung ke dokter spesialis kandungan. Dokter kandungan akan memeriksa ibu hamil secara rutin selama masa kehamilan dan memantau perkembangan janin di dalam kandungan.

Adapun manfaat dari konsultasi tersebut di antaranya yaitu seperti:

  • Mengetahui perkembangan janin di dalam kandungan.
  • Memeriksa kondisi kesehatan janin di dalam kandungan.
  • Mendeteksi adanya kelainan agar bisa melakukan pencegahan dan pengobatan sejak dini.
  • Menurunkan risiko adanya gangguan kesehatan pada ibu hamil dan janin di dalam kandungan sejak dini.
  • Membantu ibu hamil untuk mempermudah menjalani masa kehamilan.
  • Membantu melancarkan persalinan sekaligus mengurangi adanya risiko yang membahayakan ibu hamil selama masa persalinan.

Tips Menjaga Kesehatan Pada Masa Kehamilan

Selain konsultasi, ibu hamil juga wajib menjaga kesehatan pada masa kehamilan. Berikut beberapa tips cara menjaga kesehatan ibu hamil di masa kehamilan:

1.Mengonsumsi Makanan Bernutrisi

Ada banyak jenis makanan dengan kandungan nutrisi tinggi untuk ibu hamil. Makanan bergizi mampu mendorong perkembangan otak janin, mengurangi risiko berbagai cacat lahir, hingga membantu si kecil agar lahir dengan berat lahir yang sehat dan ideal.

Makanan bergizi juga dapat membantu menyeimbangkan perubahan suasana hati ibu hamil selama masa kehamilan. Selain itu, makanan bernutrisi juga dapat mengurangi risiko anemia pada sang ibu.

2.Rutin Mengkonsumsi Vitamin Prenatal

Selain makanan, vitamin juga merupakan salah satu asupan yang tergolong penting. Asupan vitamin ini bisa memberi nutrisi tambahan untuk ibu dan janin saat sedang berkembang. Vitamin prenatal berfungsi untuk menjaga kandungan agar tetap kuat dan sehat.

Salah satu asupan suplemen yang penting untuk ibu hamil adalah asam folat. Pastikan ibu hamil mengkonsumsi asam folat beberapa minggu sebelum kehamilan dan juga 12 minggu pada minggu pertama kehamilan. Asam folat berfungsi untuk menurunkan risiko cacat tabung saraf pada janin.

3.Olahraga Khusus Ibu Hamil

Dewasa ini ada cukup banyak jenis olahraga untuk ibu hamil yang tergolong ringan. Sebut saja salah satunya yoga yang merupakan salah satu olahraga paling ideal dan ringan untuk ibu hamil. Olahraga bisa menjaga kesehatan ibu hamil.

Cukup 30 menit dalam sehari, olahraga dapat meningkatkan sirkulasi dan pernapasan, memperkuat otot, menjaga daya tahan tubuh, hingga mengurangi stres pada ibu hamil.

4.Rutin Melakukan Pemeriksaan ke Dokter

Pemeriksaan idealnya dilakukan secara rutin mulai dari minggu pertama kehamilan. Pemeriksaan melalui dokter kandungan dapat memudahkan Anda untuk mengetahui adanya indikasi gangguan maupun kelainan pada janin.

Selain itu, semakin tua usia kandungan, maka harus semakin intens proses pemeriksaan dilakukan. Tujuannya agar membantu melancarkan proses persalinan.

5.Istirahat yang Cukup

Pada masa kehamilan, ibu hamil harus mendapatkan waktu tidur yang cukup. Pasalnya, pada masa-masa kehamilan, setiap wanita akan merasa lebih lelah dibandingkan pada kondisi normal.

Selain itu, pilihlah posisi tidur yang nyaman saat hamil. Contohnya seperti berbaring miring dengan menekuk lutut yang merupakan salah satu posisi tidur paling nyaman pada masa kehamilan.

Itulah pentingnya tanya dokter kehamilan dan juga menjaga kesehatan pada masa kehamilan. Bagi Anda yang ingin bertanya langsung kepada dokter kandungan, Anda bisa langsung mengunjungi website www.prenagen.com.

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *