jasa impor

Amankah Jasa Impor Borongan?

Di dunia impor ada yang dinamakan jasa impor borongan. Kegiatan ini adalah kegiatan pengiriman barang dengan perantara yang bisa disebut terlarang karena tidak mengikuti aturan pemerintah tentang prosedur impor barang. Meski di sebutkan kegiatan ini dilarang tapi kegiatannya bukan terlarang.

Para importir disini akan melakukan pengiriman barang secara borongan dan tetap harus mematuhi aturan, beserta regulasi saat pendaftaran barang hingga barang bisa diterima ke alamat tujuan. Berikut ini akan dijelaskan tentang jasa import borongan dan beberapa pola yang bisa dilakukan dalam proses pengiriman dengan metode ini.

 

Defenisi Jasa Impor Borongan?

Jasa import termurah dengan metode borongan ini banyak dipilih karena lebih mudah dan lebih menguntungkan. Borongan dipilih terutama bagi orang-orang yang tidak punya izin lengkap untuk mengeluarkan barang dari bea cukai. Dengan cara ini barang anda bebas dari airport ataupun pelabuhan. Import borongan juga dinilai lebih efisien dibanding dengan cara yang resmi. Ini karena para importir hanya akan diberi tagihan untuk barang perkilo atau per kubiknya saja sesuai dengan fisik barang. Bahkan untuk importir kecil jasa ini memiliki tarif yang lebih terjangkau.

Namun di sisi lain, dengan berbagai keunggulannya yang ada pemerintah terus memperketat kegiatan impor, terutama untuk kegiatan impor borongan. Ini tentu menjadi salah satu kendala bagi jasa kirim barang borongan ke luar negeri.

 

Sistem Yang Bisa Dipilih Dalam Proses Impor Barang

Ada empat sistem yang bisa dilakukan dalam pengiriman barang secara borongan. Berikut ini akan dijelaskan beberapa sistem tersebut.

 

1. Freight Forwarder/ Pengangkut Door To Door

Sistem ini secara singkat merupakan pengiriman barang namun hanya sebagai pengangkut door to door. Jadi pengiriman barang hanya berlaku dari tempat supplier ke tempat penerima barang. Sementara untuk proses lainnya seperti pengangkutan, administrasi bea cukai hingga perizinan dan pajak pajak impor dilakukan oleh importir. Importir juga harus membayar semua pungutan negara secara benar dan sesuai dengan ketentuan yang sudah berlaku. Tenang saja karena sistem import borongan satu ini adalah resmi.

 

2. Freight Forwarder/Ekspedisi Sebagai Importir Yang Memiliki Izin

Pola ini membuat importir menggunakan legalitas yang dimiliki ekspedisi dalam jasa impor. Jadi bisa dibilang yang bertindak secara resmi menjadi importir adalah perusahaan dengan nama jasa ekspedisi. Untuk semua pungutan negara termasuk bea masuk dan pajak impor juga dibayarkan jumlahnya sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Untuk sistem ini belum diketahui kejelasannya apakah merupakan status yang legal atau tidak karena tidak ada peraturan tegas terkait hal tersebut.

 

3. Freight Forwarder/Ekspedisi Sebagai Importir Yang Memanipulasi Data

Sistem ini hampir sama dengan sistem yang kedua. Hanya saja bedanya adalah pihak jasa ekspedisi selaku importir melakukan manipulasi data untuk mengecilkan nilai bea masuk. Termasuk pula untuk manipulasi data seperti deskripsi jenis barang yang diimpor. Bisa dipastikan bahwa sistem impor seperti ini adalah ilegal.

 

4. Sistem Ilegal

Sistem ini bisa disebut ilegal karena perusahaan ekspedisi tidak hanya bertindak sebagai importir. Tetapi juga pada saat yang sama melakukan proses impor tanpa menggunakan dokumen yang resmi. Nantinya pada proses impor, barang akan bisa diloloskan sampai ke tangan penerima.

 

 

Nah itu tadi beberapa informasi seputar jasa impor borongan. Yang mana jasa ini ada yang ilegal dan legal. Namun disarankan bagi anda untuk memilih jasa pengiriman barang yang resmi dan memberikan banyak kemudahan. Salah satu yang bisa diandalkan adalah Kilo.id. karena selain resmi, jasa ini juga memberikan banyak kemudahan dalam pengiriman barang. Di sisi lain, biaya pengiriman barang yang dipatok juga sangat terjangkau.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *